Adu Gahar, Huawei P9 Lite vs Asus Zenfone 3

Huawei resmi memperkenalkan smartphone flagship P9 yakni P9 Lite  | PT. Equityworld Futures Pusat

Huawei P9 Lite memiliki dimensi yang sama dengan Zenfone 3 seri ZE520KL yang berukuran 5,2 inci dan RAM sebesar 3 GB. Bagian prosesornya, Huawei P9 Lite mengandalkan chip HiSilicon Kirin 650, sedangkan Zenfone 3 menggunakan Snapdragon 625.

Sayangnya, di bagian kamera utama Huawei P9 Lite baru menyediakan sensor 13 megapiksel, sedangkan Zenfone 3 16 megapiksel. Kedua smartphone tersebut juga sama-sama telah menjalankan sistem operasi Android terkini yakni Marshmallow 6.0. Untuk urusan daya, Huawei P9 Lite dilengkapi baterai berkapasitas 3.000 mAh sementara Zenfone 3 hanya 2.600 mAh.

Untuk pengolahan grafis, P9 Lite didukung oleh GPU Mali-T830MP2 dan Zenfone 3 menggunakan GPU pasangan Snapdragon yakni Adreno versi 506. Sementara di bagian penyimpanan internal, Huawei P9 Lite tampaknya harus mengalah karena hanya menyediakan storage seluas 16 GB.

Huawei resmi memperkenalkan adik dari smartphone flagship P9 yakni P9 Lite di Jakarta hari ini, Kamis (22/9/2016). Smartphone dengan pilihan RAM 2 dan 3 GB tersebut siap menghadang keberadaan Asus Zenfone 3 yang juga baru saja diluncurkan pada 7 September 2016.

Lebih kecil dari Zenfone 3 yang telah menyediakan storage internal mulai dari 32 GB. Beralih ke bagian fotografi, baik Huawei P9 Lite maupun Asus Zenfone 3 sama-sama memiliki kamera selfie dengan sensor 8 megapiksel.

Huawei P9 Lite Klaim Punya Kamera Setara DSLR | PT. Equityworld Futures Pusat

Setelah diperkenalkan untuk pertama kalinya di ajang Southern Pacific Brand Conference di Nusa Dua, Bali, Mei 2016 lalu, Huawei akhirnya resmi memasarkan P9 Lite di Indonesia. Salah satu yang diunggulkan dari Huawei P9 Lite adalah kamera layaknya DSLR profesional dengan sensor 13MP dan aperture F2.0.

Untuk keamanan, Huawei P9 Lite juga menggunakan chip-level khusus pada sensor sidik jari yang terintegrasi dengan teknologi ARM TrustZone. Ponsel ini mulai dijual 23 September 2016 lewat pre-order online di beberapa e-Commerce dengan harga Rp 3.799.000.

Untuk keamanan, Huawei P9 Lite juga menggunakan chip-level khusus pada sensor sidik jari yang terintegrasi dengan teknologi ARM TrustZone. Ponsel ini mulai dijual 23 September 2016 lewat pre-order online di beberapa e-Commerce dengan harga Rp 3.799.000.

Senior Product Manager Huawei Devices Indonesia, Nuramin memaparkan, Huawei P9 Lite menyediakan Pro mode khusus yang memberikan berbagai fungsi seperti kamera DSLR profesional dengan fitur-fitur ISO, White Balance, Shutter Speed dan Exposure Value (EV). Tidak hanya untuk mengambil foto, tapi juga video.

“Dengan mode Night Shot, P9 Lite bisa digunakan untuk mengambil foto berkualitas dalam kondisi cahaya rendah. Modus Light Painting juga bisa dipakai untuk mengambil foto dengan trik-trik lukisan cahaya,” papar Nuramin, di peluncuran Huawei P9 Lite, di Jakarta, Kamis (22/9).

Mode unggulan lainnya untuk kebutuhan fotografi seperti Good Food untuk mengambil gambar makanan, serta mode Perfect Selfie dan Beauty.

Huawei P9 Lite memiliki layar 5.2″ FHD dan dibalut dengan rangka alumunium alloy. Perangkat ini mengusung teknologi prosesor 16nm HiSilicon Kirin 650 Octa-Core 2.0 Ghz, serta didukung oleh RAM 3GB dan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Kapan Flagship Huawei P9 Sambangi Indonesia? | PT. Equityworld Futures Pusat

Ketika dicercar pertanyaan soal kapan pihaknya siap merilis P9 di Indonesia, pihak Huawei mengatakan pihaknya butuh waktu sebelum akhirnya ponsel itu meluncur. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah soal aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 di tahun 2017 untuk ponsel 4G.

“Kami selalu mengikuti peraturan dari pemerintah. Oleh karena itu, kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk bisa merilis P9 di Indonesia. Tapi, yang bisa kami katakan adalah P9 pasti dirilis di Indonesia tahun ini,” terang Country Director Huawei Devices Johnson Ma di sela-sela peluncuran P9 Lite di kantor Huawei, Gedung BRI II, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Sementara Nuramin selaku Senior Product Manager Huawei Mobile Indonesia mengatakan bahwa kualitas perakitan di PT Panggung perlahan mulai mengalami peningkatan. Jadi, tidak menutup kemungkinan bahwa P9 dan ponsel flagship Huawei lain bisa dirakit di Indonesia.

Kurang lebih empat bulan sudah sejak Huawei memperkenalkan P9 di Indonesia. Namun, hingga kini ponsel flagship Huawei dengan embel-embel kamera Leica itu tak kunjung dirilis. Baru P9 Lite yang baru saja diluncurkan.

Sayang, Johnson tidak memberikan informasi lebih detail, kapan tepatnya P9 akan melenggang. Mengingat tahun 2016 sudah tinggal tiga bulan lagi.

Selain karena TKDN, Johnson juga menyinggung masalah quality control. “Di China, kami sudah berpengalaman dalam memproduksi ponsel selama bertahun-tahun. Dan sudah memiliki pengalaman dalam kontrol kualitas. Tapi di sini kami butuh banyak ruang,” terangnya.

Untuk bisa memenuhi aturan TKDN, Huawei mempercayakan urusan perakitan pada PT Panggung yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Diakui Johson, kerjasama dengan PT Panggung sudah terjalin selama tiga tahun.

Hanya saja, selama dua tahun itu pemanfaatan pabrik baru sebatas untuk perakitan modem dan mobile WiFi saja. Sedangkan untuk perakitan smartphone 4G, baru berlangsung sejak akhir tahun 2015.

 

Equityworld Futures

Leave a comment